Janganlah Perkara Politik 'Mengambil' Seluruh Waktu Hidup Kita !

00.29 Unknown 0 Comments



Indonesia memang sedang ramai dengan sensasi politik. Entah itu politik dalam partai atau politik dalam artian yang lain. Politik ya, politik. Apa sebenarnya poitik itu ? 
Kehidupan sehari-hari selalu berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan seperti sosial, politik, ekonomi dan budaya. Hubungan tersebut biasanya tercermin melalui kegiatan atau tingkah laku manusia yang tanpa disadari perilaku tersebut memiliki nilai. Semisal kita berpikir bagaimana cara memperoleh simpati dan empati dari masyarakat sekitar terhadap apa yang kita lakukan. Perilaku tersebut menyatakan bahwa cara berpikir kita mengandung dan berhubungan dengan dua nilai kehidupan, yaitu nilai sosial dan politik. Nilai sosial menjelaskan kita berhubungan dengan orang lain dan berharap kita mendapatkan dampak dari hubungan tersebut. Sedangkan nilai politik menjelaskan tentang komitmen dan ambisi kita dalam memperoleh simpati dan empati dari orang lain, berusaha melakukan apapun demi tercapainya tujuan tersebut.

Jadi kesimpulannya nilai kehidupan seperti politik selalu mengiringi setiap perilaku kita. Tanpa pendidikan formalpun kita telah belajar berperilaku politik. Pada dasarnya politik menegaskan tentang ambisi dari usaha kita untuk mendapatkan tujuan yang lebih baik dengan melakukan segala cara untuk tercapainya tujuan tersebut.

Politik memberikan batasan-batasan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Banyak bagian-bagian politik yang setiap hari dapat kita jumpai. Beberapa diantaranya dapat kita jumpai ketika kita melakukan musyawarah mufakat. Musyawarah tersebut telah mencerminkan adanya komunikasi politik dan demokrasi. Dimana kita berhak mendapatkan hak suara untuk mengemukakan pendapat agar suara kita didengar oleh orang lain. Kita dilatih untuk menghargai yang namanya perbedaan suara dan menghargai apapun hasil akhir dari musyawarah tersebut. Komunikasi politik yang dapat kita jumpai pada saat musyawarah adalah adanya pemungutan suara. Semua aspirasi yang dijadikan opsi atau pilihan di tampung, kemudian diadakan pemungutan suara untuk memilih opsi jawaban yang sesuai dan dapat memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi politik sering digunakan untuk tercapainya suatu hubungan kerjasama. Sehingga komunikasi politik sering diartikan sebagai perantara penyampaian tujuan kepada orang lain. Terkadang bekomunikasi politik sering menyimpang dari aturannya karena banyak orang yang menggunakannya untuk tujuan yang kurang tepat. Seperti penyalahgunaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Ketika terjadi kebebasan mengemukakan pendapat yang seluas-luasnya, terkadang komunikasi politik yang digunakan mengarah terhadap ambisi untuk mempertahankan hak pribadi tanpa mendahulukan kewajiban untuk mementingkan suara umum.

Keluarga merupakan tempat yang tepat untuk melatih anak berkomunikasi politik yang baik seperti demokrasi. Keluarga mengajarkan cara berdemokrasi yang mendasar. Ketika suami yang harus mendengarkan suara atau pendapat dari istri dan anaknya. Pada posisi ini sang ayah harus mengalah dan menghargai pendapat anggota keluarganya. Sang ayah tidak bisa kekeuh terhadap pendapat atau pendiriannya, sekalipun ia seorang pemimpin di keluarga tersebut

Dampak dari adanya komunikasi politik dan demokrasi bagi kehidupan sehari-hari adalah adanya sikap saling toleransi terhadap perbedaan pendapat. Komunikasi politik dapat memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat melalui musyawarah. Secara umum dampak komunikasi politik memberikan korelasi atau hubungan antara kita dengan orang lain melalui bentuk komunikasi yang dapat berdampak positif bagi kedua belah pihak tergantung sudut pandang kita.

   Selain Komunikasi politik dan demokrasi. Bagian nilai politik yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah partisipasi politik. Partisipasi politik merupakan keikutsertaan seseorang atau masyarakat dalam menentukan kebijakan, tujuan atau cita-cita. Partisipasi politik terjadi karena adanya sikap simpati dan empati seseorang terhadap keadaaan atau kondisi yang sedang terjadi tidak sesuai dengan keinginannya, sehingga kondisi tersebut dapat diperbaiki dan kedepannya berharap semakin membaik.

Contoh nyata partisipasi politik dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika orang tua turut serta dalam menentukan sekolah anaknya. Orang tua akan turut serta dalam memberikan saran atau pendapat kepada anaknya. Peran orang tua tersebut mereka lakukan agar sang anak mendapatkan sekolah yang baik. Mendapatkan sekolah yang baik merupakan tujuan dari partisipasi politik yang dilakukan oleh orang tua dalam menentukan sekolah anaknya.

Dampak keterkaitannya partisipasi politik di kehidupan sehari-hari adalah memberikan ruang kepada masyarakat untuk lebih memahami dan turut serta dalam memahami permasalahan yang sedang terjadi dilingkungannya. Sehingga masalah yang sedang dihadapi dapat di selesaikan secara bersama. Partisipasi politik membuat peran masyarakat menjadi semakin kuat dan penting. Sehingga seseorang dalam memutuskan sesuatu, juga melihat aspirasi dari peran masyarakat tersebut. Seperti seorang pemimpin yang melihat aspirasi masyarakat dalam memutuskan kebijakan.

Nilai politik yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk kecil yang nyata dari eksistensi politik di kehidupan kita. Dibutuhkan usaha untuk memaknai setiap nilai politik yang melekat pada perilaku kita sehari-hari. Sehingga besar kemungkinan dampak dari nilai politik yang berpengaruh terhadap perilaku kita sehari-hari.




You Might Also Like

0 komentar: