KULINER BLORA : SNACK PANJANG UMUR - MANCHO

21.42 Unknown 0 Comments

Siapa sih yang nggak suka jajan? Hmm kebanyakan orang memang suka jajan ya. Eiitsss, tapi ingat, di zaman sekarang ini banyak jajanan nggak sehat di sekitar kita. Kemasan cantik, rasa lezat, namun efek di kemudian hari nggak menguntungkan banget.

Hmmm bicara soal jajanan , saya suka sekali dengan jajanan tradisional. Ndeso sih jelas saya ndeso, tapi guys, jajanan tradisional khas Blora yang saya rekomendasikan kali ini dijamin nggak ndeso rasanya. Mungkin di beberapa daerah ada juga, tapi kalau asli dari Blora, lain lagi ceritanya. Yuk dibaca terus dicari dan dicoba ya :D


Ini bukan tentang cowok ataupun lagunya pedangdut Vety Vera ya. Itu sih MACHO. Hehe

Kalau kita bicara tentang makanan khas atau jajanan khas, tentunya masing-masing daerah mempunyai ke khasan sendiri-sendiri. Begitu pula di wilayah Blora Selatan tepatnya di Kec.Kradenan dan khususnya di dusun Weni desa Nglungger. Nah…Penasaran kan jajanan apa itu….???  

Salah satu jajanan khas dari Kec.Kradenan  yaitu Manco. Mungkin anda sedikit kurang familiar dengan nama makanan tersebut. Namun jika di daerah Kec.Kradenan dan sekitarnya, makanan itu sangat populer. Biasanya makanan tersebut disuguhkan untuk acara - acara pernikahan dll. Juga sangat laris untuk oleh - oleh bagi yang sedang bepergian ketempat sanak family dan sebagainya..

Jajanan manco atau ada yang menyebutnya peli kipu adalah jajanan yang terbuat dari beras ketan yang diolah dengan proses sedemikian rupa sehingga menjadi jajanan yang menarik bentuk dan enak rasanya.  Jajanan ini beredar dengan beberapa bentuk dan bahan, yaitu ada yang menggunakan Wijen sebagai kulitnya ada juga yang menggunakan ketan (yang pasti dah digoreng lo). Atau yang lebih unik lagi dengan memakai “Karuk “.  Karuk yaitu nasi yang di keringkan (Karak) kemudian di goreng. Jajanan ini lebih nikmat kalo dimakan masih anget-anget,  sambil nonton FTV di temeni secangkir kopi… wiiih nikmat banget…!!!
 
Kalau anak kecil biasanya paling suka makan rontokannya yang ada gula merahnya, biasa orang menyebutnya kroto,  tapi ga nggigit lo kroto yang ini.
 
Buat yang minat mencicipi manco yang masih anget silahkan datang ke Pasar tradisinal di daerah Blora khususnya Blora Selatan,  karena sekarang dah banyak yang menjual di kemas menarik untuk oleh-oleh.
 
[]Lovalia
 

You Might Also Like

0 komentar: