KULINER BLORA - GETHUK EKSIS NGGAK ADA MATINYA

19.04 Unknown 0 Comments

Gethuk Lindri
Gethuk asale soko telo…..moto ngantuk iku tambane opo…”... hehehee…secuil bait lagu campur sari yang cukup terkenal…tapi saya nggak ngebahas lagunya ataupun jenis musik campur sarinya…tapi ngebahas  GETHUK-nya…

Jajanan tradisional berbahan dasar singkong (di jawa tengah dan sebagian jawa timur menyebutnya telo) yang diatasnya diberi taburan kelapa parut, terasa gak lekang dimakan waktu meskipun terkesan ndesani ditengah banyaknya kue-kue modern yang banyak dan mudah kita jumpai saat ini,. Tapi masih banyak lho yang nyari….apalagi mereka-mereka yang rindu kampung halaman….

Bikin gethuk ini gampang-gampang susah juga sich,tergantung pada kualitas singkong yang bakal diolah. Singkongnya harus bener-bener yang mempur (bhs.jawa yang artinya empuk,halus teksturnya). Bukan yang genyo (bhs.jawa artinya keras,mengandung banyak air sehingga waktu dikukus gak bisa mekar) dan berserat karena akan mempengaruhi proses penggilingan singkong setelah dikukus(pada beberapa orang singkong ditumbuk).


Gethuk Polosan biasanya berwarna kuning
Di daerah kamu pasti juga ada gethuk dengan aneka variasi dong. Hmm Di Blora sendiri banyak terdapat jenis-jenis gethuk .  Apa saja sih ?
  • Gethuk Polosan, bukan Oplosan :D Getuk jenis ini biasanya berwarna kuning muda atau cokelat. Ada juga yang pada saat singkong yang sudah masak pada waktu suhu masih panas ditaburi potongan-potongan kecil gula jawa sehingga berwarna coklat tidak merata tumbukan getuk ini bentuknya kasar. Setelah itu dicetak memanjang dan ketika akan disajikan diiris kecil - kecil.
  • Gethuk lindri, adalah dengan cara singkong masak digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarna makanan dan vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil memanjang dan dirapatkan memanjang ini serupa dengan mie hingga berbentuk memajan.
  • Gethuk Pero, getuk jenis ini berbahan singkong yang dikukus kemudian ditumbuk kasar, ditambah sedikit garam dan tidak dicetak, tapi hanya ditaruh dalam sebuah wadah saja.
  • Gethuk Ubi, gethuk yang terbuat dari Ubi/ ketela Rambat. Ketela rambat dikukus kemudian dihancurkan. Setelah itu dicetak dengan berbagai macam cetakan yang menarik. Saya suka sekali jenis gethuk ini.
  • Gethuk talas, Getuk yang terbuat dari talas, hampir mirip dengan gethuk ubi.
 
    Lezaaattttt
  • Gethuk Goreng. Biasanya dari gethuk polosan yang kemudian diisi dengan gula di dalamnya kemudian digoreng 100% sedaaaapppp...
Belakangan ini mulai banyak variasi gethuk modern yang ditambah topping margarine,cokelat, dan aneka pasta. Selain itu mulai muncul pula pendatang baru, gethuk gulung dan gethuk pisang Hmmmm wajib dicoba ya, karena jajanan tradisional memang lebih sehat. ;) 
Oh ya, kalau kamu mau dapatkan beraneka rasa gethuk dalam 1 kemasan, kamu bisa datang ke Taman Seribu Lampu pada malam hari. Di sana banyak gethuk campur yang menjadi primadona jajanan tradisional.
[]Lovalia

You Might Also Like

0 komentar: