KULINER BLORA : ADA SURGA SATE DI BLORA

02.33 Unknown 0 Comments

Di mana Kota Sate ??? Pleaseeee .... jangan jawab Madura apalagi Bandung. Karena Kota Sate adalah Blora. Terserah kamu deh ya mau opini apa, yang jelas Kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Tengah ini memang dikenal sebagai "surganya" sate. Kalau kamu berkunjung ke Blora melalui rute Purwodadi - Blora maka kamu akan menjumpai Tugu Sate di dekat perbatasan Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan. Tugunya unik banget ya guys ... Ini bapak jualan nggak peduli hujan dan panas tetep aja jualan, ( namanya juga patung )

Sate - Masakan tradisional ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Olahan daging ayam akan terasa lebih lezat jika dipadukan dengan bumbu kacang. Menu ini juga cocok disajikan dengan lontong atau nasi putih.

http://jv.wikipedia.org/wiki/Sat%C3%A9_Blora 
Sate blora merupakan khas Jawa tengah yang berasal dari kota Blora. Sate blora memiliki beberapa perbedaaan dengan sate – sate yang lainnya dalam soal bumbu. Bumbunya berasal dari kacang yang dipilih secara khusus oleh pedagangnya.Bumbu tesebut kemudian dicampur dengan suatu bahan khasnya.Daging ayamnya diambil dari ayam yang masih muda agar tidak alot saat dimakan
Bumbu tersebut biasanya hanya terdapat pada sate ayam saja.Bumbu tersebut kemudian diberi kepada pelanggan. Pelanggan yang menuang kecap dan sambalnya. Jika makannya di tempat aslinya nasinya bisa taruh di Pincuk (berasal dari daun pohon jati yang telah di keringkan). Nasinya ditawarkan menggunakan kuah. Cara pembuatan satenya pun ada sedikit perbedaan yaitu sebelum dibakar di olesi terlebih dahulu dengan bumbu khusus.

Kelezatannya terdapat saat sate yang sudah dicampur bumbu masuk ke muut tanpa alot. Sate Blora harus dimakan saat keadaan panas karna jika dingin kari ayam yang terdapat didalamnya jadi terasa aneh.
 
Di Blora selain sate ayam juga banyak sate lainnya seperti sate kambing, sate keong / bekicot, sate jeroan, sate tempe dan aduhaaiiii masih banyak lagi , .. Kalau ke Blora belum makan sate Blora, sama saja belum ke Blora :D
 
[]Lovalia


You Might Also Like

0 komentar: